Ekspedisi Kirim Mobil Padang - Sentra perniagaan kota berada di Pasar Raya Padang, dan didukung oleh sejumlah pusat perbelanjaan modern dan 16 pasar tradisional. Padang merupakan salah satu pusat pendidikan terkemuka di luar Pulau Jawa, ditopang dengan keberadaan puluhan perguruan tinggi, termasuk tiga universitas negeri. Sebagai kota seni dan budaya,



 Padang dikenal dengan legenda Malin Kundang dan novel Sitti Nurbaya. Setiap tahunnya, berbagai festival diselenggarakan untuk menunjang sektor kepariwisataan. Di kalangan masyarakat Indonesia, nama kota ini umumnya diasosiasikan dengan etnis Minangkabau serta masakan khas mereka yang dikenal sebagai masakan Padang

Ekspedisi Kirim Mobil Padang
Ekspedisi Kirim Mobil Sumatra Barat
Ekspedisi Kirim Mobil Pekanbaru
Ekspedisi Kirim Mobil Riau

Sejarah

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - ada data yang pasti siapa yang memberi nama kota ini Padang. Diperkirakan kota ini pada awalnya berupa sebuah lapangan atau dataran yang sangat luas sehingga dinamakan Padang. Dalam bahasa Minang, kata padang juga dapat bermaksud pedang.

Menurut tambo setempat, kawasan kota ini dahulunya merupakan bagian dari kawasan rantau yang didirikan oleh para perantau Minangkabau dari Dataran Tinggi Minangkabau (darek). Tempat permukiman pertama mereka adalah perkampungan di pinggiran selatan Batang Arau di tempat yang sekarang bernama Seberang Padang.[8] Kampung-kampang baru kemudian dibuka ke arah utara permukiman awal tersebut, yang semuanya termasuk Kenagarian Padang dalam adat Nan Dalapan Suku; yaitu suku-suku Sumagek (Chaniago Sumagek), Mandaliko (Chaniago Mandaliko), Panyalai (Chaniago Panyalai), dan Jambak dari Kelarasan Bodhi-Chaniago, serta Sikumbang (Tanjung Sikumbang), Balai Mansiang (Tanjung Balai-Mansiang), Koto (Tanjung Piliang), dan Malayu dari Kelarasan Koto-Piliang.[9] Terdapat pula pendatang dari rantau pesisir lainnya, yaitu dari Painan, Pasaman, dan Tarusan.

Seperti kawasan rantau Minangkabau lainnya, pada awalnya kawasan sepanjang pesisir barat Sumatra berada di bawah pengaruh Kerajaan Pagaruyung.[10] Namun, pada awal abad ke-17 kawasan ini telah menjadi bagian dari kedaulatan Kesultanan Aceh.[11][12] Kehadiran bangsa asing di Kota Padang diawali dengan kunjungan pelaut Inggris pada tahun 1649.[13] Kota ini kemudian mulai berkembang sejak kehadiran bangsa Belanda di bawah Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada tahun 1663, yang diiringi dengan migrasi penduduk Minangkabau dari kawasan luhak.

Selain memiliki muara yang bagus, VOC tertarik membangun pelabuhan dan permukiman baru di pesisir barat Sumatra untuk memudahkan akses perdagangan dengan kawasan pedalaman Minangkabau. Selanjutnya pada tahun 1668, VOC berhasil mengusir pengaruh Kesultanan Aceh dan menanamkan pengaruhnya di sepanjang pantai barat Sumatra, sebagaimana diketahui dari surat Regent Jacob Pits kepada Raja Pagaruyung yang berisi permintaan dilakukannya hubungan dagang kembali dan mendistribusikan emas ke kota ini.[15] VOC berhasil mengembangkan Kota Padang dari perkampungan nelayan menjadi kota metropolitan pada abad ke-17.[16] Padang menjadi kota pelabuhan yang ramai bagi perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah. Dalam perkembangan selanjutnya, pada 7 Agustus 1669 terjadi pergolakan masyarakat Pauh dan Koto Tangah melawan monopoli VOC. Meski dapat diredam oleh VOC, peristiwa tersebut kemudian diabadikan sebagai tahun lahir Kota Padang

Gerbang menyambut kedatangan Gubernur Jenderal Johan Paul van Limburg Stirum di Padang pada Maret 1916
Beberapa bangsa Eropa silih berganti mengambil alih kekuasaan di Kota Padang. Pada tahun 1781, akibat rentetan Perang Inggris-Belanda Keempat, Inggris berhasil menguasai kota ini.[18][19] Namun, setelah ditandatanganinya Perjanjian Paris pada tahun 1784 kota ini dikembalikan kepada VOC.[20] Pada tahun 1793 kota ini sempat dijarah dan dikuasai oleh seorang bajak laut Prancis yang bermarkas di Mauritius bernama François Thomas Le Même, yang keberhasilannya diapresiasi oleh pemerintah Prancis waktu itu dengan memberikannya penghargaan.[21] Kemudian pada tahun 1795, Kota Padang kembali diambil alih oleh Inggris.[18] Namun, setelah peperangan era Napoleon, pada tahun 1819 Belanda mengklaim kembali kawasan ini yang kemudian dikukuhkan melalui Traktat London, yang ditandatangani pada 17 Maret 1824.[22]

Lambang Kota Padang zaman Hindia Belanda, diadopsi tahun 1926.
Ekspedisi Kirim Mobil Padang -
Pada tahun 1837, pemerintah Hindia Belanda menjadikan Padang sebagai pusat pemerintahan wilayah Pesisir Barat Sumatra (Sumatra's Westkust) yang wilayahnya meliputi Sumatra Barat dan Tapanuli sekarang.[23] Selanjutnya kota ini menjadi daerah gemeente sejak 1 April 1906 setelah keluarnya ordonansi (STAL 1906 No.151) pada 1 Maret 1906. Hingga Perang Dunia II, Padang merupakan salah satu dari lima kota pelabuhan terbesar di Indonesia, selain Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Menjelang masuknya tentara Jepang pada 17 Maret 1942, Kota Padang ditinggalkan begitu saja oleh Belanda karena kepanikan mereka. Pada saat bersamaan Soekarno sempat tertahan di kota ini karena pihak Belanda waktu itu ingin membawanya turut serta melarikan diri ke Australia.[25] Kemudian panglima Angkatan Darat Jepang untuk Sumatra menemuinya untuk merundingkan nasib Indonesia selanjutnya.[26] Setelah Jepang dapat mengendalikan situasi, kota ini kemudian dijadikan sebagai kota administratif untuk urusan pembangunan dan pekerjaan umum.

Berita kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 baru sampai ke Kota Padang sekitar akhir bulan Agustus. Namun, pada 10 Oktober 1945 tentara Sekutu telah masuk ke Kota Padang melalui Pelabuhan Teluk Bayur, dan kemudian kota ini diduduki selama 15 bulan.[28] Pada tanggal 9 Maret 1950, Kota Padang dikembalikan ke tangan Republik Indonesia setelah sebelumnya menjadi negara bagian Republik Indonesia Serikat (RIS) melalui surat keputusan Presiden RIS nomor 111. Kemudian, berdasarkan Undang-undang Nomor 225 tahun 1948, Gubernur Sumatra Tengah waktu itu melalui surat keputusan nomor 65/GP-50, pada 15 Agustus 1950 menetapkan Kota Padang sebagai daerah otonom. Wilayah kota diperluas, sementara status kewedanaan Padang dihapus dan urusannya pindah ke Wali kota Padang.[27] Pada 29 Mei 1958, Gubernur Sumatra Barat melalui Surat Keputusan Nomor 1/g/PD/1958, secara de facto menetapkan Padang menjadi ibu kota provinsi Sumatra Barat, dan secara de jure pada tahun 1975, yang ditandai dengan keluarnya Undang-undang Nomor 5 tahun 1974. Pemerintah pusat kemudian mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 1980, yang menetapkan perubahan batas-batas wilayah Kota Padang sebagai pemerintah daerah.[29] Berdasarkan Rencana Jangka Panjang Menengah Nasional 2015–2019, pemerintah pusat menetapkan Kota Padang, bersama Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman untuk pengembangan wilayah metropolitan Palapa (Padang–Lubuk Alung–Pariaman)

Geografi

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - Padang terletak di pantai barat pulau Sumatra, dengan luas keseluruhan 694,96 km² atau setara dengan 1,65% dari luas provinsi Sumatra Barat.[31] Lebih dari 60% dari luas Kota Padang berupa perbukitan yang ditutupi oleh hutan lindung. Hanya sekitar 205,007 km² wilayah yang merupakan daerah efektif perkotaan.[32] Daerah perbukitan membentang di bagian timur dan selatan kota. Bukit-bukit yang terkenal di Kota Padang di antaranya adalah Bukit Lampu, Gunung Padang, Bukit Gado-Gado, dan Bukit Pegambiran. Kota Padang memiliki garis pantai sepanjang 68,126 km di daratan Sumatra. Selain itu, terdapat pula 19 buah pulau kecil, di antaranya yaitu Pulau Sikuai dengan luas 4,4 ha di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Pulau Toran seluas 25 ha dan Pulau Pisang Gadang di Kecamatan Padang Selatan.

Pada tahun 1833, Residen James du Puy melaporkan terjadi gempa bumi yang diperkirakan berkekuatan 8.6–8.9 skala Richter di Padang yang menimbulkan tsunami.[35] Sebelumnya pada tahun 1797, juga diperkirakan oleh para ahli pernah terjadi gempa bumi berkekuatan 8.5–8.7 skala Richter, yang juga menimbulkan tsunami di pesisir Kota Padang dan menyebabkan kerusakan pada kawasan Pantai Air Manis.[35] Pada 30 September 2009, kota ini kembali dilanda gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter,[36] dengan titik pusat gempa di laut pada 0.84° LS dan 99.65° BT dengan kedalaman 71 km, yang menyebabkan kehancuran 25% infrastruktur yang ada di kota ini.[37]

Ketinggian di wilayah daratan Kota Padang sangat bervariasi, yaitu antara 0 m sampai 1.853 m di atas permukaan laut dengan daerah tertinggi adalah Kecamatan Lubuk Kilangan. Suhu udaranya cukup tinggi, yaitu antara 23 °C–32 °C pada siang hari dan 22 °C–28 °C pada malam hari, dengan kelembabannya berkisar antara 78%–81%.[38] Kota Padang memiliki banyak sungai, yaitu 5 sungai besar dan 16 sungai kecil, dengan sungai terpanjang yaitu Batang Kandis sepanjang 20 km. Tingkat curah hujan Kota Padang mencapai rata-rata 405,58 mm per bulan dengan rata-rata hari hujan 17 hari per bulan. Tingginya curah hujan membuat kota ini cukup rawan terhadap banjir. Pada tahun 1980 2/3 kawasan kota ini pernah terendam banjir karena saluran drainase kota yang bermuara terutama ke Batang Arau tidak mampu lagi menampung limpahan air tersebut

Kependudukan

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - Kota Padang merupakan kota dengan jumlah penduduk paling banyak di provinsi Sumatra Barat. Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, jumlah penduduk Kota Padang adalah sebanyak 833.584 jiwa. Jumlah tersebut menunjukan penurunan yang signifikan dari data kependudukan tahun 2008 (856.815 jiwa) akibat peristiwa gempa bumi 2009.[31] Pada akhir tahun 2014, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang melaporkan jumlah penduduk sebanyak 1.000.096 jiwa dengan rincian 273.915 Kepala Keluarga yang terdiri dari 507.785 orang laki-laki dan 492.306 perempuan.[59] Pada tahun 2009 kota ini bersama dengan kota Makassar, Denpasar, dan Yogyakarta, ditetapkan oleh Kemendagri sebagai empat kota proyek percontohan penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Indonesia.

Penduduk Padang sebagian besar berasal dari etnis Minangkabau.[66] Etnis lain yang juga bermukim di sini adalah Jawa, Tionghoa, Nias, Mentawai, Batak, Aceh, dan Tamil. Orang Minang di Kota Padang merupakan perantau dari daerah lainnya dalam Provinsi Sumatra Barat. Pada tahun 1970, jumlah pendatang sebesar 43% dari seluruh penduduk, dengan 64% dari mereka berasal dari daerah-daerah lainnya dalam provinsi Sumatra Barat. Pada tahun 1990, dari jumlah penduduk Kota Padang, 91% berasal dari etnis Minangkabau.[14]

Orang Nias sempat menjadi kelompok minoritas terbesar pada abad ke-19. VOC membawa mereka sebagai budak sejak awal abad ke-17. Sistem perbudakan diakhiri pada tahun 1854 oleh Pengadilan Negeri Padang. Pada awalnya mereka menetap di Kampung Nias, namun kemudian kebanyakan tinggal di Gunung Padang. Cukup banyak juga orang Nias yang menikah dengan penduduk Minangkabau. Selain itu, ada pula yang menikah dengan orang Eropa dan Tionghoa. Banyaknya pernikahan campuran ini menurunkan persentase suku Nias di Padang.[67]

Belanda kemudian juga membawa suku Jawa sebagai pegawai dan tentara, serta ada juga yang menjadi pekerja di perkebunan. Selanjutnya, pada abad ke-20 orang Jawa kebanyakan datang sebagai transmigran. Selain itu, suku Madura, Ambon dan Bugis juga pernah menjadi penduduk Padang, sebagai tentara Belanda pada masa perang Padri. Penduduk Tionghoa datang tidak lama setelah pendirian pos VOC. Orang Tionghoa di Padang yang biasa disebut dengan Cina Padang, sebagian besar sudah membaur dan biasanya berbahasa Minang.[67] Pada tahun 1930 paling tidak 51% merupakan perantau keturunan ketiga, dengan 80% adalah Hokkian, 2% Hakka, dan 15% Kwongfu.

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - Suku Tamil atau keturunan India kemungkinan datang bersama tentara Inggris. Daerah hunian orang Tamil di Kampung Keling merupakan pusat niaga. Sebagian besar dari mereka yang bermukim di Kota Padang sudah melupakan budayanya.[68] Orang-orang Eropa dan Indo yang pernah menghuni Kota Padang menghilang selama tahun-tahun di antara kemerdekaan (1945) dan nasionalisasi perusahaan Belanda (1958)

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Padang

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - adalah daftar kecamatan dan kelurahan/desa di Kota PadangSumatra BaratIndonesia. Kota Padang memiliki 11 kecamatan dan 104 kelurahan. Luas wilayahnya mencapai 693,66 km² dan penduduk 883.767 jiwa (2017) dengan sebaran 1.274 jiwa/km².[1]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Padang, adalah sebagai berikut:[1]

KecamatanJumlah KelurahanDaftar Desa/Kelurahan
Bungus Teluk Kabung, Padang6CiutkanlbsKecamatan Bungus Teluk KabungKota PadangSumatra BaratKelurahanBungus BaratBungus SelatanBungus TimurTeluk Kabung SelatanTeluk Kabung TengahTeluk Kabung Utara
Koto Tangah, Padang11CiutkanlbsKecamatan Koto TangahKota PadangSumatra BaratKelurahanAir PacahBalai GadangBatang KabungBatipuh PanjangBungo PasangDadok Tunggul HitamKoto Panjang Ikua KotoKoto PulaiLubuk BuayaLubuk MinturunPadang SaraiParupuk TabingPasir Nan Tigo
Kuranji, Padang9CiutkanlbsKecamatan KuranjiKota PadangSumatra BaratKelurahanAmpangAnduringGunung SarikKalumbukKorong GadangKuranjiLubuk LintahPasar AmbacangSungai Sapih
Lubuk Begalung, Padang15CiutkanlbsKecamatan Lubuk BegalungKota PadangSumatra BaratKelurahanBanuaran Nan XXBatuang Taba Nan XXCengkeh Nan XXGateh Nan XXGurun Laweh Nan XXKampung Baru Nan XXKampung Jua Nan XXKoto Baru Nan XXLubuk Begalung Nan XXPagambiran Ampalu Nan XXPampangan Nan XXParak Laweh Pulau Air Nan XXPitameh Tanjung Saba Nan XXTanah Sirah Piai Nan XXTanjung Aur Nan XX
Lubuk Kilangan, Padang7CiutkanlbsKecamatan Lubuk KilanganKota PadangSumatra BaratKelurahanBandar BuatBatu GadangBeringinIndarungKoto LalangPadang BesiTarantang
Nanggalo, Padang6CiutkanlbsKecamatan NanggaloKota PadangSumatra BaratKelurahanGurun LawehKampung LapaiKampung OloKurao PagangSurau GadangTabing Banda Gadang
Padang Barat, Padang10CiutkanlbsKecamatan Padang BaratKota PadangSumatra BaratKelurahanBelakang TangsiBerok NipahFlamboyan BaruKampung JaoKampung PondokOlo LadangPadang PasirPurusRimbo KaluangUjung Gurun
Padang Selatan, Padang12CiutkanlbsKecamatan Padang SelatanKota PadangSumatra BaratKelurahanAlang LawehAir ManisBatang ArauBelakang PondokBukik Gado-gadoMato AiePasa GadangRanah Parak RumbioRawangSeberang PadangSeberang PalinggamTeluk Bayur
Padang Timur, Padang10CiutkanlbsKecamatan Padang TimurKota PadangSumatra BaratKelurahanAndalehGanting Parak GadangJatiJati BaruKubu MarapalamKubu Parak KarakahParak Gadang TimurSawahanSawahan TimurSimpang Haru
Padang Utara, Padang7CiutkanlbsKecamatan Padang UtaraKota PadangSumatra BaratKelurahanAlai Parak KopiAir Tawar BaratAir Tawar TimurGunung PangilunLolong BelantiUlak Karang SelatanUlak Karang Utara
Pauh, Padang9CiutkanlbsKecamatan PauhKota PadangSumatra BaratKelurahanBinuang Kampung DalamCupak TangahKapalo KotoKoto LuarLambung BukitLimau ManisLimau Manis SelatanPiai TangahPisang
TOTAL104

Transportasi

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - Pada awalnya rute utama yang menghubungkan kawasan rantau (Kota Padang) dengan darek (pedalaman Minangkabau) pada masa lalu adalah jalur yang pernah ditempuh Raffles pada tahun 1818 untuk menuju Pagaruyung melalui kawasan Kubung XIII di Kabupaten Solok sekarang.[133] Saat ini ada tiga ruas jalan utama yang menghubungkan Kota Padang dengan kota-kota lain di Sumatra. Jalan ke utara menghubungkan kota ini dengan Kota Bukittinggi, dan di sana bercabang ke Kota Medan dan Pekanbaru. Terdapat pula cabang jalan di dekat Lubuk Alung ke arah Kota Pariaman. Jalan ke timur menuju Kota Solok, yang tersambung dengan Jalan Raya Lintas Sumatra bagian tengah. Sebelumnya, di Arosuka terdapat persimpangan menuju Kota Jambi melalui Kabupaten Solok Selatan. Jalan ke selatan yang menyusuri pantai barat Sumatra menghubungkan Kota Padang dengan Kota Bengkulu melalui Kabupaten Pesisir Selatan.

Penemuan cadangan batubara di Kota Sawahlunto mendorong Pemerintah Hindia Belanda membangun rel kereta api serta rute jalan baru melalui Kota Padang Panjang sekarang, yang diselesaikan pada 1896.[134] Jalur kereta api ini juga menghubungkan Kota Padang dengan kota-kota lain seperti Kota Pariaman, Kota Solok, Kota Bukittinggi, dan Kota Payakumbuh. Saat ini rel kereta api yang aktif hanyalah jaringan komuter Padang–Pariaman menggunakan kereta api Sibinuang, dan Indarung–Bukitputus untuk pengangkutan semen ke pelabuhan. Kereta api baru ke bandar udara Minangkabau telah dipersiapkan sejak 2012 dengan mendatangkan railbus,[135] dan mulai beroperasi pada 21 Mei 2018.[136]

Terminal Regional Bingkuang (TRB) di Air Pacah selesai dibangun tahun 1999 untuk menggantikan Terminal Lintas Andalas di Olo Ladang. Penggunaan TRB ini tidak seperti yang diharapkan, dan sampai beberapa tahun sesudahnya belum juga dapat menggantikan terminal lama.[137] Setelah gempa tanggal 30 September 2009 dan keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2011, TRB dialihfungsikan menjadi kawasan pusat pemerintahan kota. Akibatnya saat ini Padang menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang tidak mempunyai terminal.[138] Pada tahun 2015, pemerintah Kota Padang memulai pembangunan tiga terminal pengganti yakni, Terminal Lubuk Buaya untuk bus antarkota dalam provinsi (AKDP) arah utara dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP), Terminal Bukit Putus untuk AKDP arah selatan, serta Terminal Bandar Buat untuk AKDP arah timur.

Angkutan dalam kota dilayani oleh bus kota, mikrolet dan taksi. Sementara saat ini di pusat kota masih dapat ditemukan bendi (sejenis kereta kuda), sedangkan ojek biasanya beroperasi di perumahan dan pinggiran kota. Pada awal tahun 2014, pemerintah mulai mengoperasikan bus massal Trans Padang. Dari enam koridor yang dirancang untuk sistem transporatsi ini, baru satu koridor yang beroperasi yaitu rute Lubuk Buaya hingga Pasar Raya Padang sepanjang 18 km.[139]

Kota Padang memiliki beberapa kawasan pelabuhan. Tercatat sejak tahun 1770 diberangkatkan dari pelabuhan kota ini 0,3 miliar pikul lada dan 0,2 miliar gulden emas per tahunnya.[140] Pelabuhan Muara melayani transportasi laut bagi kapal ukuran sedang terutama untuk tujuan ke atau dari Kabupaten Kepulauan Mentawai dan kawasan sekitarnya. Sementara itu, Pelabuhan Teluk Bayur melayani pengangkutan laut untuk ukuran kapal besar baik ke kota-kota lain di Indonesia maupun ke luar negeri. Pelabuhan ini mulai beroperasi pada tahun 1892 dengan nama Emmahaven. Sekarang kedua pelabuhan tersebut dikelola oleh PT Pelindo II.

Sampai tahun 2005, Bandar Udara Tabing melayani perhubungan udara Padang dengan kota-kota lain. Bandar udara ini yang tidak dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, dan karena itu dapat mengimbangi naiknya jumlah calon penumpang. Pengembangannya terbatas karena posisinya yang terhalang Gunung Pangilun dan Bukit Sariak.[141] Maka tanggal 23 Juni 1999 ditetapkan lokasi baru pengganti bandar udara ini.[142] Dengan selesainya pembangunan Bandar Udara Internasional Minangkabau di Ketaping, Kabupaten Padang Pariaman, penerbangan sipil dialihkan ke bandara baru tersebut.[143] Penerbangan domestik yang dilayani saat ini yakni ke seluruh kota besar di Sumatra (kecuali Banda Aceh dan Pangkal Pinang), seluruh kota besar di Jawa (kecuali Semarang), dan satu kota di Sulawesi yaitu Makassar. Sementara untuk pernerbangan internasional saat ini yakni ke Singapura, Kuala Lumpur, Jeddah (haji), dan Madinah (umrah).

Pariwisata

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - Padang yang terkenal akan legenda Sitti Nurbaya dan Malin Kundang saat ini sedang berbenah ke arah pembangunan kepariwisataan.[161] Kota ini memiliki sebuah museum yang terletak di pusat kota yang bernama Museum Adityawarman, yang memiliki gaya arsitektur berbentuk rumah adat Minangkabau (Rumah Gadang), model Gajah Maharam. Di halaman depan museum terdapat dua lumbung padi. Museum ini mengkhususkan diri pada sejarah dan budaya suku Minangkabau, suku Mentawai dan suku Nias. Museum ini memiliki 6.000 koleksi.

Di kawasan pelabuhan Muara banyak dijumpai beberapa bangunan peninggalan sejak zaman Belanda. Beberapa bangunan di kawasan tersebut ditetapkan pemerintah setempat sebagai cagar budaya. Di antaranya adalah Masjid Muhammadan bertarikh 1843, yang merupakan masjid berwarna hijau muda yang dibangun oleh komunitas keturunan India. Cagar budaya lain, Klenteng Kwan Im yang bernama See Hin Kiong tahun 1861 kemudian direnovasi kembali tahun 1905 setelah sebelumnya terbakar.[162] Dari sehiliran Batang Arau, terdapat sebuah jembatan yang bernama jembatan Sitti Nurbaya. Jembatan itu menghubungkan sebuah kawasan bukit yang dikenal juga dengan nama Gunung Padang. Pada bukit ini terdapat Taman Sitti Nurbaya yang menjadi lokasi kuburan Sitti Nurbaya.[163] Kawasan bukit ini juga dahulunya menjadi tempat permukiman awal masyarakat etnis Nias di Kota Padang.[164]

Kemudian di pelabuhan Teluk Bayur terdapat beberapa kawasan wisata seperti pantai Air Manis, tempat batu Malin Kundang berdiri.[165] Selain itu, terus ke selatan dari pusat kota juga terdapat kawasan wisata pantai Caroline, dan pantai Bungus,[166] serta sebuah resort wisata sekelas hotel berbintang tiga yang terletak di Pulau Sikuai.[167] Sedangkan ke arah Kecamatan Koto Tangah, terdapat kawasan wisata pantai Pasir Jambak, serta kawasan wisata alam Lubuk Minturun,[168] yang populer dalam tradisi balimau dan ramai dikunjungi oleh masyarakat terutama sehari sebelum masuk bulan Ramadan.[169]

Kota ini juga terkenal akan masakannya. Selain menjadi selera sebagian besar masyarakat Indonesia, masakan ini juga populer sampai ke mancanegara.[170] Makanan yang populer di antaranya seperti Gulai, Rendang, Ayam Pop, Terung Balado, Gulai Itik Cabe Hijau, Nasi Kapau, Sate Padang dan Karupuak Sanjai. Restoran Padang banyak terdapat di seluruh kota besar di Indonesia. Meskipun begitu, yang dinamakan sebagai "masakan Padang" sebenarnya dikenal sebagai masakan etnis Minangkabau secara umum.[6]

Dalam mendorong pariwisata di Kota Padang, pemerintah kota menggelar Festival Rendang untuk pertamakalinya pada tahun 2011, setelah sebelumnya Rendang dinobatkan oleh CNN International sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia).[171] Festival yang dipusatkan di RTH Imam Bonjol tersebut diikuti oleh kelurahan se-Kota Padang dan berhasil memasak 5,2 ton daging, sehingga tercatat dalam Museum Rekor Indonesia sebagai perlombaan memasak dengan daging dan peserta terbanyak.[172] Pada tahun yang sama pemerintah kota juga mulai menyelenggarakan Festival Sitti Nurbaya, pergelaran tahunan yang mengangkat adat dan tradisi Minangkabau.

Ekspedisi Kirim Mobil adalah jenis Perusahaan pengiriman mobil yang sering kita jumpai di Indonesia dengan menggunakan nama Ekspedisi yang artinya adalah Pengiriman Jarak jauh baik berupa barang ataupun mahkluk hidup yang bisa dikirim melalui angkutan darat, laut maupun udara dengan cara pengangkutan yang berbeda beda. di bawah kita akan bahas pengertian Ekspedisi Mobil sejarah jelas.

Sempatkah kamu mendengar kata ekspedisi? aku percaya seluruh sempat mendengar kata ekspedisi, malah bisa jadi banyak dari kita memakai jasa ekspedisi. Namun tahukan kamu“ Penafsiran Dari Kata Ekspedisi serta Metode Kerjanya”

Banyak sekali penafsiran dari kata ekspedisi, namun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia( KBBI) tertulis makna ekspedisi merupakan Pengiriman Benda, Pengiriman Pesan, serta ataupun Industri Pengangkutan Benda.

Jadi apabila dalam dunia usaha bisnis kita kerap mendengar kata usaha jasa ekspedisi, hingga dapat aku jelaskan makna jasa ekspedisi merupakan sesuatu tubuh usaha ataupun suatu industri yang melaksanakan bisnisnya ataupun bergerak dalam bidang pengiriman benda, ada pula jalan dalam pengiriman benda tersebut merupakan lewat jalan darat, jalan hawa serta jalan laut.

Metode Kerja Ekspedisi Dalam Mengirim Barang atau Mobil

Ekspedisi Kirim Mobil

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - Tiap industri dalam melaksanakan usaha ekspedisi tentu memiliki SOP( Standar Operasional Prosedur) ataupun peraturan yang berbeda- beda. Terdapat yang mempermudahkan dalam perihal mengirim benda, tetapi terdapat pula yang memberlakukan peraturan yang sangat ketat.

Tetapi dengan peraturan yang ketat biasanya hendak menjamin pengiriman benda yang nyaman dibanding dengan peraturan yang gampang. Namun peraturan tersebut tidak hendak menjamin membagikan pelayanan yang profesional serta memuaskan.

Buat itu bila kamu membaca postingan ini serta lagi mencari jasa ekspedisi diharapkan wajib lebih cermat lagi. Kamu wajib mencari industri yang telah teruji serta dapat dipercayakan serta telah memiliki pengalaman dalam mengiriman benda yang baik serta tidak sempat terdapat permasalahan. Perihal ini hendak dapat dibuktikan dengan banyaknya pelanggan yang memakai jasa industri mereka tersebut.

Berikut ini metode kerja dalam industri ekspedisi Adalah
  1. Benda/ Produk yang hendak dikirimkan

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - Ini merupakan yang awal dalam metode kerja industri ekspedisi, sebab tanpa terdapatnya benda yang hendak dikirim industri tidak hendak dapat berjalan. Namun pastinya benda yang hendak dikirim wajib cocok yang telah jadi peraturan industri serta tidak tercantum dalam benda yang melanggar hukum.

  1. Packing ataupun pengemasan barang

Buat menjamin keselamatan benda yang dikirim tanpa terdapat kehancuran, hingga tata cara ataupun tipe pengemasan benda hendak sangat pengaruhi terhadap benda yang hendak dikirim. Tetapi terdapat sebagian benda yang hendak jadi atensi spesial merupakan tipe benda rusak belah, benda berupa cairan ataupun santapan yang gampang membusuk, sebab pada permasalahan tertentu terdapat sebagian industri tidak ingin menerima benda tersebut bila tidak di kemas dalam kondisi yang baik.

  1. Administrasi dokumen

Dokumen disini yang diartikan merupakan pengurusan surat- surat administrasi dari bea cukai maupun dari pihak terpaut yang lain. Disinilah umumnya industri jasa ekspedisi hendak mengurus seluruh kebutuhan administrasi dokumen yang dibutuhkan.

Ada beberapa aktivitas Ekspedisi logistic yang tentunya saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Aktivitas tersebut diantaranya adalah

  1. Costumer Service ( Layanan Pelanggan )
  2. Inventory Management ( Manajemen persediaan )
  3. Demand Forecasting ( Pemrediksi Permintaan )
  4. Order Processing ( Proses Pemesanan )
  5. Material Hendling ( Penanganan Material )
  6. Logistic Comunication ( Komunikasi Logistic )
  7. Parts and Service Support ( komponen dan layanan pendukung )
  8. Packaging ( Kemasan )
  9. Plan and Warehouse Site Selection ( Perencanaan penempatan lokasi gudang )
  10. Procument ( Pembelian )
  11. Reverse Logistic ( Logistic terbalik )
  12. Transportation ( transportasi )
  13. Warehouseing and Storage ( Pergudangan dan penyimpanan )

Dalam Sebuah proses logistic diharapkan untuk mencapai sebuah tujuan, yaitu tersedianya barang secara tepat pada waktu dan tempat yang diinginkan. Untuk mencapai tujuan ini perusahaan harus melaksanakan kegiatan logistic seperti berikut:

  1. Proses pengadaan barang
  2. Kegiatan produksi
  3. Kegiatan distribusi

Dalam kegiatan logistic ini mengharuskan perusahaan Ekspedisi untuk memiliki standar peforma yang baik. Dalam mencapai tingkat peforma yang terbaik perlu adanya perhitungan yang balance antara pelayanan terbaik yang diberikan kepada pelanggan dengan biaya yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan, Dengan pelayanan yang terbaik dapat memberikan pelanggan kepuasan yang nantinya dapat menjadi pelanggan setia atau bahkan akan merekomendasikan kepada sanak saudara atau rekan rekannya.

Menguasai Lebih Dalam Industri Jasa Pengiriman Barang Atau Mobil

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - Pada peluang postingan kali ini aku hendak mangulas menimpa Menguasai Lebih Dalam Industri Jasa Pengiriman Benda. Aku hendak menarangkan apa itu penafsiran Industri Jasa Pengiriman Benda, serta apa saja bentuk jasa yang ditawarkan serta gimana fenomena Industri Jasa Pengiriman Benda di Indonesia.

Penafsiran Industri Jasa Pengiriman Barang atau Mobil

Industri Jasa Pengiriman Benda atau Mobil merupakan sesuatu industri ataupun tubuh usaha yang bergerak dibidang yang membagikan pelayanan pengiriman benda. Kita seluruh telah ketahui kalau sesuatu benda hendak dikirim sebab terdapatnya sesuatu kebutuhan buat memindahkan ataupun mengirim benda dari satu tempat ke sesuatu tempat yang lain. Ada pula bisanya pula pengiriman benda dapat terjalin bila terdapat kondisi semacam berikut:

  • Terdapatnya terjalin transaksi antara penjual serta pembeli barang
  • Terdapatnya kebutuhan sesuatu benda di tempat lain

Kata yang sering di cari di google

Jasa , Pengiriman , Kirim , Mobil , Cargo , Ekspedisi , Harga , Murah , Online , Via Pos , Aman , Pulau , Syarat , Antar , Pengalaman , Biaya , Cara , Dari , Ke , Bekas , Baru , Pelni , Kantor , Pesawat , Kapal Laut , JNE , Luar Negri , Kota , Ongkos , Towing , Self Driver , Car Carrier , Kontainer , Kapal Roro , Kapal , Kereta Api , Via Laut , Terbaik , TIKI , Truk , Terpercaya , Angkut , Cek Harga , Paket , Cara , Mengirim , Tarif , Kendaraan , Motor , Ongkir , Jasa Derek Mobil , Jasa Towing

Proses pengiriman sesuatu benda yang terjalin tentu hendak memerlukan sesuatu proses. ada pula sesuatu proses yang umumnya dipakai buat mengirim sesuatu benda merupakan:

  • Proses pengiriman benda dengan tata cara tenaga manusia
  • Proses pengiriman benda dengan tata cara perlengkapan ataupun teknologi buatan manusia, misalnya mobil, truk, kapal dll.

Tata cara pengiriman benda dari satu tempat ke tempat lain memakai perlengkapan ataupun teknologi diucap perlengkapan transportasi. Sebaliknya fasilitas perlengkapan transportasi dapat lewat jalan darat, jalan laut ataupun hawa. Baik yang bertabiat antar kota maupun antar negeri.

Perlengkapan transportasi biasanya bertabiat terbatas untuk sebagian golongan orang. Buat seperti itu hendak sangat diperlukan pihak ketiga buat menolong proses pengiriman benda tersebut, kemudian berdirilah sesuatu industri jasa pengirman benda. Oleh sebab itu mengapa orang masih memerlukan saja pengiriman benda.

Bentuk Dari Jasa Pengiriman Barang

Dikala ini bentuk jasa pengiriman benda terdapat sebagian berbagai. Tetapi pada biasanya terdapat sebagian standard bersumber pada benda yang hendak dikirim serta kebutuhan yang dikala ini terdapat di Indonesia.

Pengiriman Mobil atau Barang Lewat Darat

Buat proses lewat darat umumnya terdapat 2 tipe ialah:

  • Full Truck Load( FTL) : Buat kebutuhakan hendak berat ataupun volume benda yang hendak dikirim, kita dapat sewa satu truck yang cocok. Bergantung dengan berat serta volume benda tersebut.
  • Less Than Truck Load( LTL) : Terdapat kalanya benda yang hendak kita kirim memiliki berat ataupun volume yang kecil ataupun tidak cocok dengan kapasitas dengan truck yang hendak disewa. Contohnya bila kamu hendak mengirim benda dengan berat 1 Ton, namun kapasitas truck dapat memuat sampai 2 Ton. Oleh sebab itu terdapat industri yang memandang kesempatan ini serta memberlakukan proses ini sembari mengumpulkan benda dari pengguna yang lain sampai terkumpul muatan kapasitas dari truck tersebut. Dengan tata cara semacam ini penggunakan diuntungkan dengan harga yang efektif serta industri jasa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Pengiriman Mobil atau Benda Lewat Laut

Pada proses mengirim benda lewat laut, biasanya benda kiriman hendak di masukan ke dalam container. Sama halnya semacam pegiriman lewat darat, industri jasa pula membagikan opsi kapasitas container cocok kebutuhan. Buat pegguna yang mau kapasitas container secara penuh dapat memakai opsi Full Charter Load ataupun biasa di tahu dengan FCL. Sebaliknya untuk pengguna yang mau kapasitas secara partial bisa memakai opsi Less Than Kontainer Load ataupun biasa diketahui LCL.

Pengiriman Mobil atau Benda Lewat Udara

Tata cara pengiriman benda lewat hawa ini umumnya diseleksi orang sebab aspek dari kecepatan dalam mengirim benda tersebut. Buat sebab itu, tarif yang diberikan juga nyatanya lebih mahal daripada memakai tata cara pengiriman darat ataupun pengiriman laut.

Pengiriman Mobil atau Benda Lewat Kurir

Tata cara ini merupakan yang sangat kilat dalam perihal mengirim benda dibandingkan dari seluruh tata cara diatas. Biasanya tata cara ini diseleksi bila benda kita yang hendak dikirim dengan berat ataupun volume benda yang sangat kecil serta perlu terkirim dengan kilat.

Fenomena Industri Jasa Pengiriman Mobil atau Benda di Indonesia

Jasa Kirim Mobil

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - Buat memastikan serta memilah industri jasa pengiriman benda bukanlah sulit, yang berarti paling tidak telah penuhi standard semacam berikut:

  • Legalitas industri, disini diartikan industri haruslah memiliki kredibilitaatau telah memiliki tubuh usaha yang sah serta memiliki alamat jelas yang dapat ditemui.
  • Jangkauan pengiriman yang luas, sampai dapat mengirim benda ke sebagian kota besar di Indonesia.
  • Tarif yang diberlakukan haruslah kompetitif serta terjangkau.
  • Pelayanan dengan prioritas kepuasaan pelanggan.
  • Sanggup mengirim benda dengan waktu yang pas serta cocok.
  • Gampang dalam melaksanakan pelacakan status benda yang lagi dikirim.

Tidak hanya dari sisi standard tersebut, hingga industri jasa pengiriman benda juda wajib membenarkan kebutuhan hendak pelayanan dari pengguna jasa. Terdapat sebagian pelayanan yang bisa jadi diperlukan oleh para pengguna jasa semacam berikut:

  • Port– Port, pengiriman benda halte ke halte yang lain( bandar hawa, pelabuhan serta stasiun)
  • Port– Door, pengiriman benda dari halte ke posisi gudang/ pabrik dari pengguna jasa.
  • Door– Door, pengiriman benda dari posisi gudang/ pabrik pengguna jasa ke posisi gudang/ pabrik lain yang diperuntukan.
  • Door– Port, pengiriman benda dari posisi gudang/ pabrik pengguna jasa ke halte bandar hawa, pelabuhan serta stasiun.

Demikian postingan Menguasai Lebih Dalam Industri Jasa Pengiriman Benda ini aku buat serta mudah- mudahan dapat berguna untuk kamu yang mau mengenali dengan secara perinci tentang industri jasa pengiriman benda ataupun juga bisa jadi kamu lagi lagi mencari rujukan buat industri jasa pengiriman benda buat kerperluan kamu.

Demikian postingan tentang Penafsiran Dari Kata Ekspedisi serta Metode Kerjanya ini aku buat, mudah- mudahan dapat jadi rujukan dalam mencari jasa industri ekspedisi yang terpercaya.

Istilah dalam Dunia Ekspedisi

Ekspedisi Kirim Mobil

Ekspedisi Kirim Mobil Padang - Dalam kegiatan logistik terdapat beberapa istilah yang biasa digunakan para pelaku bisnis ekspedisi. Berikut telah kami rangkumkan beberapa istilah dalam kegiatan logistik diantaranya adalah;

  • Shipper : atau biasa lebih dikenal dengan pengirim barang. Pada dokumen-dokumen yang dilampirkan seperti : BL (Bill of Lading), Packing List, Commercial Invoice, dll. Nama dan alamat lengkap Shipper harus tertulis dengan jelas.
  • Consignee : atau lebih dikenal dengan penerima barang. Sama seperti shipper, nama dan alamat lengkap consignee harus tertulis jelas, pada dokumen-dokumen seperti ; BL (Bill of Lading, Packing List, Commercial Invoice, dll
  • Vessel : Kapal
  • Voy (Voyage) : Nomor keberangkatan kapal.
  • Descriptions of goods : Deskripsi barang terdapat pada packing list (lengkap) dan Bill of Lading.
  • G.W (Gross Weight) : Berat kotor dari barang dan kemasan barang itu sendiri. Contoh berat barang 2 Kgs dan berat kemasannya 0,5 Kgs maka G.W : 2,5 Kgs.
  • N.W (Net Weight) : Berat bersih barang sebelum di kemas
  • LCL (Less than Container Load) : pengiriman barang yang kapasitasnya dibawah standar kapasitas muat kontainer.
  • FCL (Full Container Loaded) : Pengiriman barang dengan menggunakan kontainer.
  • CY : Container Yard yaitu mode pengiriman dari tempat penumpukan petikemas.
  • DOOR : Alamat gudang atau lokasi asal serta lokasi pengambilan barang yang akan dikirim.
  • ETD (Estimation Time of Departure) : adalah perkiraan waktu keberangkatan kapal.
  • ETA (Estimation Time of Arrival) : adalah perkiraan waktu kedatangan kapal.
  • B/L (Bill of Lading) : adalah Konosemen atau bukti pengiriman barang dan pengambilan barang.
  • P.O.L (Port Of Loading) : adalah pelabuhan muat.
  • P.O.D (Port Of Discharge) : adalah pelabuhan bongkar.
  • UTPK : adalah Unit Tempat Penumpukan Peti Kemas.
  • DEPO : Tempat penumpukan container kosong.
  • O/S (Open Stack) : adalah waktu dibukanya kontainer/ barang boleh ditempatkan di warehouse atau UTPK.
  • C/T (Closing Time) adalah waktu ditutupnya pemasukan/ penumpukan barang di warehouse atau UTPK.
  • DO (Delivery Order) : adalah surat yang diterbitkan pihak shipping atau forwarder kepada shipper sebagai bukti pengambilan kontainer kosong.
  • Stuffing : adalah proses pemuatan barang ke dalam kontainer.
  • Stripping: adalah proses bongkar muat barang dari kontainer.
  • Part of Shipment : adalah pengiriman barang yang menggunakan 1 kontainer, dimana dalam kontainer tersebut terdiri dari beberapa nama shipper namun dengan tujuan satu consignee.
  • Dry Container : adalah standar kontainer yang digunakan untuk mengangkut barang-barang biasa. Seperti : besi, sembako, keramik, cat, furniture, dan bahan bangunan.
  • Reefer Container : adalah jenis kontainer yang memiliki pengatur suhu dingin. Biasanya digunakan untuk pengiriman produk yang makanan frozen dan makanan hidup seperti ; ikan, buah-buahan, sayur-sayuran. dll
  • Nah itulah beberapa penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian dari ekspedisi dan istilah-istilah yang biasa digunakan dalam prosesnya.

Adanya jasa ekspedisi pengiriman barang memegang peran penting bagi masyarakat Indonesia. Kebutuhan akan jasa pengiriman barang saat ini sangat besar, mulai dari perusahaan atau pabrik juga industri kecil, bisnis online, dan bisnis UMKM semua memiliki kebutuhan jasa pengiriman barang.

Jika anda membutuhkan jasa ekspedisi pengiriman anda bisa menggunakan Prahu-Hub. Prahu-Hub terhubung dengan penyedia jasa pengiriman terpercaya dan berpengalaman di seluruh Indonesia. Dapatkan informasi berbagai rute pengiriman antar pulau berikut jadwal dan harga yang transparan untuk selalu membantu kelancaran bisnis Anda. Sumber Mrizky

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: